Planet Eksta Surya Kepler-37b Adalah Planet Terkecil



Info Astronomy — Astronom menemukan sekitar 800 planet mini di jarak yang jauh dari Tata Surya. Salah satu planet menjadi planet yang terkecil, dengan ukuran cuma sebesar Bulan.

Planet terkecil tersebut diberi nama Kepler 37b. Planet tersebut mengelilingi bintang serupa Matahari, terletak di konstelasi Lyra, sekitar 10 triliun kilometer dari Bumi.

"Kami melihat planet raksasa sangat tak biasa. Planet seukuran Bumi lebih umum, jadi prediksi kami, planet kecil juga umum," ungkap Thomas Barclay, astronom yang terlibat proyek riset ini.

Ukuran planet Kepler-37b ini hanya sedikit lebih besar dari pada Bulan yang mengitari Bumi. Namun, planet tersebut memiliki dua planet kembaran lain, Kepler -37c dan Kepler 37d.

Kepler -37b berjarak 10 kali lebih dekat dari bintangnya dibandingkan dengan Bumi dengan Matahari. Jadi, suhu planet ini sangat panas, mencapai 427 derajat Celsius.

"Planet yang satu ini jauh dari zona layak huni," ungkap Eric Ford, astronom University of Florida, seperti dikutip Reuters, Rabu (20/2/2013).

Pada sistem tata surya kita, Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari. Astronom mengibaratkan Kepler 37b seperti Merkurius mini.

Rekan Kepler -37b, Kepler-37c, berukuran lebih kecil dari Venus dan mengitari bintang induknya selama 21 hari. Sementara Kepler-37d ukurannya dua kali lipat Bumi, berevolusi tiap 40 hari.

Penemuan-penemuan planet kecil adalah kemajuan dalam astronomi. Sebelumnya, astronom cuma dapat mendeteksi planet raksasa.

"Ketika kami pertama kali menemukan eksoplanet, semuanya berukuran jauh lebih besar dari apa yang ada di sistem Tata Surya ini. Kami tak tahu ada planet berukuran lebih kecil," kata Barclay.

"Penemuan ini adalah kali pertama kami dapat menemukan planet dalam rentang terkecil, lebih kecil dari apapun yang ada di sistem tata surya kita," tambahnya.

Planet-planet ini ditemukan dengan metode transit, melihat kedipan cahaya bintang ketika ada planet lewat di mukanya. Makin seikit peredupannya, maka makin kecil planetnya. [kompas]
Planet Eksta Surya Kepler-37b Adalah Planet Terkecil Planet Eksta Surya Kepler-37b Adalah Planet Terkecil Reviewed by Kontributor on 2/21/2013 02:45:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.