Pertama Kalinya, Curiosity Bor Batu di Planet Mars


Info Astronomy — NASA Mars Curiosity rover telah mengebor batu Planet Merah dengan bor untuk pertama kalinya, membawa robot 1-ton ini sebuah langkah besar lebih dekat untuk memulai operasi pengeboran.

Curiosity rover menumbuk batu menggunakan tindakan perkusi bor di lengan selama akhir pekan, menyelesaikan tes lain di sepanjang jalan berputar sedikit dan menggerogoti batu untuk pertama kalinya.

"Kami menumbuk batu ini di Mars dengan bor," kata Bobak Firdausi, direksi penerbangan Curiosity - yang meraih ketenaran sebagai "Mohawk Guy" selama pendaratan rover pada malam 5 Agustus 2012 - menulis di Twitter Minggu (3 Februari), berbagi foto dari batu yang telah ditumbuk.

Bor Curiosity dapat mencapai kedalaman 1 inci (2,5 cm) ke batu Mars, lebih dalam daripada rover sebelumnya. Menggunakan bor dan sistem yang terkait adalah operasi yang kompleks, sehingga tim misi telah membangun perlahan-lahan untuk kegiatan pengeboran pertama di Planet Merah.

Pekan lalu, Curiosity melakukan beberapa tes tanpa beban, menekan di atas batu dengan bor di beberapa tempat yang berbeda untuk melihat apakah jumlah gaya yang diterapkan prediksi.

Robot beroda enam ini juga telah hati-hati mengevaluasi batu target, yang merupakan bagian dari suatu singkapan bernama "John Klein," kata wakil manajer proyek Curiosity.

Tujuan utama Curiosity adalah untuk menentukan apakah perusahaan Gale Crater, lokasi pendaratan pernah bisa mendukung kehidupan mikroba. Seiring dengan 10 instrumen rover ilmu pengetahuan dan 17 kamera, bor dipandang sebagai kunci dalam pencarian ini, karena memungkinkan Curiosity untuk menggali jauh ke dalam batu Mars tanda-tanda potensi kehidupan masa lalu.

Tim Misi ingin menguji bor keluar pada target dengan nilai ilmiah, dan John Klein tampaknya memenuhi syarat. Singkapan menunjukkan tanda-tanda banyak eksposur masa lalu untuk air cair, termasuk cahaya berwarna vena mineral yang ternyata disimpan oleh air yang mengalir lama. [space]
Pertama Kalinya, Curiosity Bor Batu di Planet Mars Pertama Kalinya, Curiosity Bor Batu di Planet Mars Reviewed by Kontributor on 2/05/2013 08:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.