Meteor yang Jatuh di Rusia Tidak Diketahui | Video



Info Astronomy — Baru saja, 15 Februari 2013 sekitar pukul 09.30 waktu setempat, meteor berhasil melewati atmosfer Bumi dan menumbuk sebuah lokasi di Negara Rusia. Meteor ini tidak diketahui sebelumnya.

Apa itu meteor?

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer.

Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide. Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater atau kawah tumbukan.

Jatuhnya meteor di Rusia ini, tidak membentuk kawah tumbukan, namun dikabarkan menyebabkan kerusakan dan melukai lebih dari 250 orang.

Meteor Rusia sempat membentuk awan panjang di langit untuk beberapa menit (lihat foto di atas). Berikut video jatuhnya meteor di Rusia di laman Multimedia Info Astronomy. [riza]
Meteor yang Jatuh di Rusia Tidak Diketahui | Video Meteor yang Jatuh di Rusia Tidak Diketahui | Video Reviewed by Kontributor on 2/15/2013 03:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.