Mengenal Satelit Milik Indonesia, LAPAN-TUBSAT


Info Astronomy — LAPAN-TUBSAT adalah sebuah satelit mikro yang dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Universitas Teknik Berlin (Technische Universitat Berlin; TU Berlin).

Satelit LAPAN-TUBSAT yang berbentuk kotak dengan berat 57 kilogram dan dimensi 45 x 45 x 27 sentimeter ini ditujukan untuk melakukan pemantauan langsung situasi di Bumi seperti kebakaran hutan, gunung berapi, banjir, menyimpan dan meneruskan pesan komunikasi di wilayah Indonesia, serta untuk misi komunikasi bergerak.

LAPAN-TUBSAT membawa sebuah kamera beresolusi tinggi dengan daya pisah 5 meter dan lebar sapuan 3,5 kilometer di permukaan Bumi pada ketinggian orbit 630 kilometer serta sebuah kamera resolusi rendah berdaya pisah 200 meter dan lebar sapuan 81 kilometer.

Mengingat pentingnya peran satelit ini dalam perkembangan misi kedirgantaraan dan peningkatan ilmu pengetahuan kedirgantaraan di Indonesia maka Bidang Matahari dan Antariksa Lembaga Penerbangandan Antariksa Nasional secara rutin akan menginformasikan kondisi orbit dan sedapat mungkin lingkungan antariksa yang sedang dan yang diperkirakan akan dialami oleh satelit ini. Diharapkan dengan adanya informasi ini operator satelit LAPAN-TUBSAT di Rumpin Bogor dapat mengambil langkah-langkah antisipatif jika diperkirakan ada potensi bahaya yang mengancam.

LAPAN pun berharap masyarakat umum pun termasuk pelajar dan mahasiswa akan meningkat apresiasi kedirgantaraannya jika mereka lebih mengenal satelit kita ini. [LAPAN]
Mengenal Satelit Milik Indonesia, LAPAN-TUBSAT Mengenal Satelit Milik Indonesia, LAPAN-TUBSAT Reviewed by Kontributor on 2/19/2013 01:21:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.