Mengamati Komet Pan-STARRS di Awal Maret 2013

Mengamati Komet Pan-STARSS di Awal Maret 2013

Info Astronomy — Bersiap. Setelah banyak antisipasi, kita bisa mengamati komet pertama di tahun 2013 dengan mata telanjang untuk pengamat belahan bumi utara pada awal Maret. 2013 mungkin menjadi Tahun Komet.

Tapi sementara komet C/2012 F6 Lemmon tidak akan terlihat untuk penduduk belahan bumi utara sampai April, Comet C/2011 L4 Pan-STARRS (yang akan kita tahi hanya sebagai "Pan-STARRS") mungkin menjadi objek terbaik di langit dalam dua minggu pertama pada bulan Maret.

Pan-STARRS ditemukan pada tanggal 6 Juni 2011 oleh Teleskop Panoramic Survey dan Rapid Response System (Pan-STARRS) berdasarkan puncak Haleakala di pulau Maui. Para astronom tahu kita bisa mengamati sebuah komet terang.

Saat ini Pan-STARSS berada dalam konstelasi Grus pada jarak 1,18 AU dari Bumi, Komet Pan-STARRS sudah memerlihatkan pemandangan yang mengesankan bagi pengamat belahan bumi selatan saat ini. Astrofotografer Luis Argerich berbasis di Buenos Aires, Argentina memberikan kita beberapa citra utama komet karena mulai membentangkan ekor debu. Argerich memperkirakan bahwa PanSTARRS Comet berada di sekitar magnitudo +4 awal pekan ini, sedikit redup dari magnitudo bintang Alpha Indi yaitu +3.

Pan-STARRS (kiri) bersinar di pagi hari pada 12 February 2013 bersama dengan satelit Iridium (kanan). (Kredit Luis Argerich – Nightscape Photography. Telah diizinkan).
Magnitude menyatakan komet sering kali dapat menipu. Sebuah bintang bermagnitudo +2 dapat diamati di langit senja, sementara komet dengan kecerahan serupa sulit atau tidak terlihat sama sekali.

Pan-STARRS kemudian akan mulai melengkung ke utara selama minggu terakhir bulan Februari. Hal ini karena komet memiliki orbit hiperbolik cenderung 84,42° relatif terhadap ekliptika.

Komet Pan-STARRS akan berdekatan kurang dari satu derajat dari bintang bermagnitudo 4 dari Gamma dan Delta Piscium pada tanggal 25 Februari. Menariknya, komet terang lain akan "mengejarnya", yaitu komet C/2012 F6 Lemmon, hanya akan 25° dari Pan-STARRS pada tanggal 27 Februari di konstelasi Phoenix. Keduanya akan 22° dari Matahari dan akan menjadi dua komet dalam satu foto mulai akhir pekan ini. InfoAstronomy melalui twitter akan live-tweet saat komet ini terlihat di Indonesia. [UT, riza]