Saran pencarian

Malam Ini, Okultasi Jupiter oleh Bulan Terakhir di 2013

Malam Ini, Okultasi Jupiter oleh Bulan Terakhir di 2013

Info Astronomy — Okultasi Jupiter, sebuah fenomena di mana Planet Jupiter yang tampil di langit dihalangi oleh Bulan yang berada satu garis lurus dengan Bumi dan Jupiter. Fenomena ini sempat terjadi pada 20 Januari 2013 lalu.

Malam ini, 18 Februari 2013, fenomena tersebut akan terjadi lagi. Namun, dikabarkan okultasi hanya dapat diamati di wilayah Australia Selatan. Di Indonesia, hanya akan terlihat Bulan yang berdekatan 1 derajat dengan Jupiter di langit.

Pendekatan tersebut bisa diamati mulai 18.00 waktu setempat. Di Australia Selatan, pada jam itu tidak akan terlihat Jupiter karena terhalang oleh Bulan dalam fase Cembung Awal. Okultasi akan terus terjadi sampai pukul 23.00 waktu setempat.

Okultasi adalah peristiwa di mana benda langit yang kecil (diamati dari Bumi) terhalang oleh benda langit yang lebih besar (diamati dari Bumi). Okultasi malam ini adalah yang terakhir di 2013, dan akan terulang lagi pada Juli 2016.

Tidak akan ada dampak apapun di Bumi saat peristiwa okultasi. Anda tidak perlu menggunakan teleskop untuk mengamatinya, cukup dengan mata telanjang. Jika diamati dengan teleskop maka seperti foto di atas. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.