Langit Adalah Ruang Tak Bertepi

Info Astronomy — Kalau suatu malam yang cerah kita menatap langit, barangkali seribu satu macam pikiran bisa muncul. Setiap kita pasti berbeda.

Bisa saja ada yang berpikir, "Seandainya aku bisa terbang melayang menuju bintang-bintang. Akan kupetiki ribuan bintang itu."

Tetapi, itu agaknya hanya sekadar impian orang yang tidak pernah memahami tentang langit yang sebenarnya. Bintang-bintang itu tidak kecil dan mudah dipetik. Sejatinya adalah bintang itu sangat besar dan panas.

Bintang itu sesungguhnya adalah sebuah benda langit berukuran raksasa, yang berisi gas sedang terbakar sangat dahsyat dengan suhu jutaan derajat.

Lho, kok kelihatan kecil? Ya, karena jaraknya memang sangat jauh. Padahal dibandingan dengan Bumi kita, bintang besarnya bisa ribuan bahkan miliaran kali Bumi kita.

Berapakah jaraknya sehingga kelihatan demikian kecil? Jarak bintang yang terdekat adalah 4,2 tahun cahaya. Artinya, cahaya yang begitu cepatnya saja membutuhkan waktu 4,2 tahun menuju bintang tersebut.

Bintang-bintang lain ternyata lebih jauh lagi. Ada yang berjarak 100 tahun cahaya. Ya, cahaya saja butuh waktu 100 tahun. Ada yang 1000 tahun cahaya, 1 juta tahun cahaya, 1 miliar tahun cahaya. Dan yang terakhir ditemukan ilmuwan Jepang adalah gugusan bintang berjarak 10 mikiar tahun cahaya.

Demikianlah keadaan langit kita. Langit adalah ruang berdimensi tiga yang tidak bertepi, tetapi besarnya terbatas. Kenapa demikian? Ya, karena ternyata alam semesta ini bentuknya melengkung ke dimensi yang lebih tinggi, yaitu dimensi empat. [TATK]