Inilah yang Terjadi Jika Bumi Tiba-tiba Diam Tak Berotasi

Ilustrasi. Kredit: Getty Images


Info Astronomy — Sekadar perkiraan dan perhitungan, keliling Bumi di katulistiwa adalah 40.000 kilometer, sedangkan untuk satu kali putaran (rotasi) diperlukan waktu 24 jam. Dengan demikian, kelajuan rotasi di Katulistiwa adalah v 1.600 km/jam atau 460 m/detik.

Karena kita berada di atas permukaan bumi, maka laju gerak melingkar kita sama dengan laju rotasi Bumi, yaitu 463 m/detik.

Jika bumi berhenti berputar secara mendadak, atmosfir masih akan bergerak dengan kecepatan di atas 1.600 km/jam.

Atmosfir akan bergerak sangat cepat, sehingga akan menerbangkan daratan, daratan di sini adalah batu, tanah, pohon, bangunan, manusia dan binatang. Semua akan diterbangkan kedalam lapisan atmosfir itu sendiri.

Dan inilah jawabannya setelah bumi benar-benar berhenti berputar (berotasi pada sumbunya):

1. Gravitasi yang dirasakan manusia meningkat puluhan kali lipat. Dikarenakan sebelumnya permukaan bumi itu berputar dengan kecepatan tinggi sehingga yg ada di permukaanya mengalami gaya sentripetal yang melawan gaya gravitasi. (ini saja sudah cukup untuk membunuh semua manusia).

2. Kemungkinan, semua area magnetik akan hilang, sehingga akan banyak sekali peralatan elektronik yang tidak lagi bekerja.

3. Setengah bumi yg tersinari matahari terus akan menjadi sangat panas, dan bagian yg malam terus akan menjadi sangat dingin, meskipun tentunya hal ini akan membuat air samudra dan angin berputar mengelilingi bumi karena perbedaan tekanan udara (bagian yang panas tekanan udaranya lebih rendah daripada bagian yg dingin).

4. Jika bumi hanya berhenti berotasi dan tidak berhenti berevolusi mengelilingi matahari, itu artinya satu hari = satu tahun (siang 6 bulan, malam 6 bulan). Penyebabnya bagian yang disinari matahari akan tergantung dari posisi revolusi bumi. (kalau salah satu bagian bumi terkena matahari selamanya, artinya bumi masih berotasi dong, hanya saja rotasinya setara dengan revolusinya).
Inilah yang Terjadi Jika Bumi Tiba-tiba Diam Tak Berotasi Inilah yang Terjadi Jika Bumi Tiba-tiba Diam Tak Berotasi Reviewed by Kontributor on 2/15/2013 04:40:00 PM Rating: 5

2 komentar

  1. pernah baca di twitter. katanya waktu tsunami di aceh lalu. bumi berhenti selama 1 detik. apa mungkin krna terhentinya bumi itu bisa jd bencana tsb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan "katanya". Faktanya, tidak ada bukti valid atas berhentinya rotasi Bumi seperti "katanya" itu.

      Hapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.