Inilah yang Harus Diketahui Tentang Asteroid 2012 DA14



Info Astronomy — Sabtu, 16 Februari 2013 ini, asteroid 2012 DA14 akan melintasi Bumi dalam pendekatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Fenomena ini menandai pendekatan terdekat yang pernah diketahui oleh asteroid besar di dekat Bumi, dan memberikan para ilmuwan kesempatan langka untuk mengambil keberuntungan pada batu luar angkasa seperti whizzes oleh planet kita.

Untuk mempersiapkan peristiwa bersejarah ini, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang asteroid 2012 DA14, bagaimana hal ini dimonitor dan apa yang diharapkan selama perlintasan seperti dikitup langsung dari laman resmi NASA:

Apa itu asteroid 2012 DA14?

Dengan lebar 50 meter, asteroid 2012 DA14 secara otomatis memiliki lebar sekitar setengah ukuran lapangan sepak bola. Ia juga bergerak cepat. Peneliti NASA berpikir asteroid ini bergerak melalui tata surya pada kecepatan 28.100 km/jam. Asteroid adalah batu luar angkasa yang terbuat dari bahan silikat, menjadikannya sebagai asteroid tipe S-.

Seberapa dekat asteroid 2012 DA14 dengan Bumi?

Asteroid tersebut tidak hanya akan melewati antara Bumi dan orbit bulan, tetapi juga terbang rendah daripada cincin komunikasi geosynchronous, cuaca dan satelit navigasi tinggi di atas planet ini. Asteroid 2012 DA14 akan melintas sekitar 8.046 km lebih dekat ke Bumi daripada satelit.

Selama pendekatan terdekat di Pulau Sumatera, Indonesia, batu ruang angkasa itu akan berjarak 27.680 km dari permukaan Bumi pada hari Jumat di 02.24 WIB.

Akankah asteroid 2012 DA14 menumbuk Bumi?

Tidak ada fakta asteroid akan menabrak bumi atau dari satelit di orbit sekitar planet. Para astronom telah memetakan jalur asteroid sehingga tepat bahwa mereka tahu itu tidak bisa datang dalam jarak 27.520 km dari permukaan Bumi bahkan diberikan ketidakpastian tentang jejaknya.

Apa yang akan terjadi jika asteroid menumbuk Bumi?

Astronom NASA telah membandingkan ukuran asteroid ini dengan salah satu yang menyebabkan "Fenomena Tunguska" atas Siberia pada tahun 1908 yang meratakan kebun seluar 2.137 km persegi.

Alih-alih menumbuk ke permukaan Bumi, asteroid 2012 DA14 kemungkinan akan meledak di udara, kemungkinan menghancurkan apapun yang akan terjadi di bawahnya lebih petak yang luas.

Akankah 15 Februari tahun berikutnya masih ada asteroid ini?

Tidak, tidak akan perlintasan asteroid 2012 DA14 kembali ke arah Bumi. Peneliti NASA telah menentukan bahwa batu luar angkasa tidak akan membuat pendekatan lain dekat seperti ini di masa mendatang.

Bagaimana NASA mengamati asteroid 2012 DA 14 saat perlintasan tersebut?

Karena batu ruang terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang, peneliti perlu menggunakan sensitif teleskop berbasis darat untuk mengamati 2012 DA14. Dengan mengamati dalam spektrum inframerah, para peneliti dapat melihat panas matahari terpantul ke batu luar angkasa untuk melacak jalurnya.

Ilmuwan NASA berencana menggunakan Goldstone Surya Radar Sistem berlokasi di California Mojave Desert untuk mengawasi asteroid setelah itu membuat pendekatan terdekatnya.

Bagaimana Anda bisa menonton pertintasan asteroid 2012 DA14 ini?

Pendekatan asteroid terdekat yang terjadi selama siang hari untuk pengamatan sebagian besar di belahan bumi Barat, namun pengamat langit di banyak bagian belahan bumi Timur bisa menangkap sekilas dari perlintasannya. Menurut NASA, Indonesia merupakan lokasi terbaik untuk mengamati asteroid ini. [Lihat Peta Pengamatan]

Meskipun tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, teleskop kecil menunjuk di bagian kanan dari langit bisa membantu astronom amatir melihat batu yang bergerak cepat. Ini akan terlihat seperti cahaya kecil bergerak cepat dari utara ke selatan.

NASA juga akan live-streaming yang perlintasan melalui teleskop NASA di Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama pada 05.00 WIB pada hari Jumat 16 Februari 2013.
Inilah yang Harus Diketahui Tentang Asteroid 2012 DA14 Inilah yang Harus Diketahui Tentang Asteroid 2012 DA14 Reviewed by Kontributor on 2/13/2013 02:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.