Hampir Setiap Bulan Meteor Serang Bumi



Info Astronomy — Meteor yang meledak di langit kawasan Rusia baru-baru ini melukai ratusan orang di wilayah setempat. Kabarnya, serangan meteor ini terjadi setiap beberapa bulan.

Dilansir Hosted, Jumat (15/2/2013), serpihan meteor yang sempat ditembak dengan rudal militer di negara setempat ini kabarnya jatuh ke tanah di Ural Mountains. Apakah perbedaan antara meteor dan meteorit?

Meteor adalah potongan-potongan batu luar angkasa, biasanya lebih kecil dari komet atau asteroid. Meteor bisa memasuki atmosfer Bumi dan umumnya terbakar oleh panas atmosfer.

Akan tetapi, meteor yang masih dapat bertahan dalam panas atmosfer tersebut bisa mendarat ke permukaan Bumi. Nah, meteor yang berhasil lolos dari "saringan" atmosfer ini dinamakan meteorit.

Benda luar angkasa ini kemudian bisa meluncur dan menabrak permukaan Bumi. Berdasarkan catatan penelitian European Space Agency (ESA), meteor ini bisa melesat di kecepatan 30 ribu kilometer per jam. (18.642 mph).

Terjangan meteor bisa melepaskan sejumlah besar kekuatan. Para ahli mengatakan, serangan meteor terkecil terjadi mulai dari lima sampai 10 kali dalam setahun.

Dampak besar seperti yang terjadi baru-baru ini di Russia adalah langka. Namun, ini bisa terjadi kembali setiap lima tahun sekali.

Addi Bischoff, pakar mineralog dari University of Muenster, Jerman, sebagian besar serangan ini terjadi di area yang tidak dihuni, di mana dampak yang ditimbulkan tidak akan menyebabkan cedera pada manusia.

Alan Harris, ilmuwan senior di German Aerospace Center, Berlin, mengatakan bahwa dampak luka-luka ini diakibatkan ledakan meteor yang pecah di atmosfer. Ledakan ini menimbulkan gelombang kejut yang dapat menghempaskan benda melayang di udara dalam radius beberapa kilometer.

Kalaupun meteorit tersebut berhasil mendarat di permukaan tanah Bumi. Maka, bentuk benda luar angkasa ini menjadi terlalu kecil untuk menyebabkan kerusakan signifikan. [okezone]
Hampir Setiap Bulan Meteor Serang Bumi Hampir Setiap Bulan Meteor Serang Bumi Reviewed by Kontributor on 2/17/2013 01:56:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.