Curiosity Berhasil Membuat Lubang Selebar 64 mm di Mars


Info Astronomy — Robot planet Bumi yang paling canggih yang telah berhasil mengebor batuan Mars dan mengumpulkan sampel baru dalam sebuah prestasi bersejarah pertama kalinya dalam eksplorasi umat manusia dari alam semesta.

Curiosity milik NASA mengebor sebuah lubang melingkar sekitar 0,63 inci (16 mm) dan lebar sekitar 2,5 inci (64 mm) ke dalam lempengan merah berbutiran halus sedimentasi batuan yang penuh dengan pembuluh mineral yang terhidrasi. Tim yakin daerah ini berulang kali mengalami perkolasi yang mengalir ribuan tahun lalu ketika air dalam bentuk cair Mars lebih hangat dan basah - dan berpotensi lebih ramah terhadap evolusi kemungkinan kehidupan.

Pengeboran presisi berlangsung pada Jumat, 8 Februari, 2013 di Sol 182 dari misi dan gambar baru saja dipancarkan kembali ke bumi hari ini, Sabtu 9 Februari. Rover yang juga bersamaan merayakan 6 bulan di Planet Merah sejak pendaratannya pada 6 Agustus 2012 di kawah Gale, Planet Mars.

Tim rover seluruhnya bergembira luar biasa setelah hampir satu dekade upaya susah payah yang berat untuk merancang, merakit, meluncurkan dan mendaratkan Curiosity yang mencapai puncaknya dengan pertama pengeboran bersejarah yang pernah ada dan pengambilan sampel menjadi batu asing murni di permukaan dari planet lain di tata surya kita.

"Robot planet Bumi yang paling canggih yang pernah dirancang laboratorium analitis sepenuhnya sekarang beroperasi di Mars," kata John Grunsfeld, Administrator NASA asosiasi untuk Lembaga Direktorat Misi Sains.

"Ini adalah tonggak prestasi terbesar bagi tim Curiosity sejak mendarat Agustus lalu, satu hari yang membanggakan bagi Amerika."

Alat bor bertenaga tinggi merupakan yang terakhir dari 10 instrumen Curiosity masih harus diperiksa dan belum dapat dioperasikan sepenuhnya.

Rover menghunjamkan bor secara berputar yang terletak di ujung kaki ke-7-nya (2,1 m) di lengan robot ke dalam tonjolan batuan datar yang bernama "John Klein", di mana dia saat ini bekerja keras jauh di dalam lembah dangkal bernama Yellowknife Bay, dan bahwa menyaksikan banyak episode streaming miliaran air tahun lalu.

Pengendali tanah sekarang akan memerintahkan rover untuk menghancurkan dan saringan bahan batuan bubuk melalui layar yang akan menyaring partikel yang lebih besar dari enam-seperseribu inci (150 mikron) di seberang.

Setelah itu tiba tes akhir ketika olahan bubuk dari Mars disampaikan oleh lengan robot Curiosity ini di Chemin dan SAM analitis laboratorium.

Tujuan misi untuk mencari jejak molekul organik - blok bangunan kehidupan, dan menentukan apakah Mars pernah ada lingkungan yang layak huni bagi mikroba Mars. [UT, riza]
Curiosity Berhasil Membuat Lubang Selebar 64 mm di Mars Curiosity Berhasil Membuat Lubang Selebar 64 mm di Mars Reviewed by Kontributor on 2/10/2013 10:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.