Cara Mengetahui ISS di Langit Rumah Anda



Info Astronomy — Jika Anda pergi keluar dan hati-hati mengamati langit dekat senja atau fajar, dan Anda memiliki langit relatif gelap, kemungkinan adalah bahwa Anda tidak harus menunggu lebih dari 15 menit sebelum Anda melihat salah satu dari hampir 15.000 satelit sekarang di orbit sekitar Bumi. Sebagian besar "satelit" yang sebenarnya hanya "sampah luar angkasa" mulai dari ukuran besar seperti 30 kaki, hingga seukuran bola softball.

Space Operations Center (SpOC) berkantor pusat di Vandenberg AFB di California, terus mengawasi secara konstan pada semua puing-puing yang mengorbit. Dan pada kenyataannya satelit-satelit utama sebagian besar terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang. Tapi tergantung pada siapa yang mengamati, beberapa ratus dapat terlihat dengan mata telanjang. Ini adalah satelit yang cukup besar (biasanya lebih dari 20 meter panjangnya), dan cukup rendah (100 sampai 400 mil di atas Bumi), mereka terlihat karena memantulkan cahaya matahari di langit.

Terbesar

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah jauh terbesar dan paling terang dari semua obyek buatan manusia yang mengorbit bumi. ISS dikonstruksi mulai pada tahun 1998, dengan operasi berlanjut hingga sekitar tahun 2015. Lebih dari empat kali lebih besar dari stasiun ruang angkasa Mir Rusia. Saat mengitari Bumi pada ketinggian rata-rata 216 mil (348 km) dan pada kecepatan 17.200 mil (27.700 km) per jam, itu selesai 15,7 orbit per hari dan dapat muncul untuk bergerak secepat pesawat jet terbang tinggi, kadang-kadang mengambil sekitar empat sampai lima menit untuk menyeberangi langit.

Karena ukuran dan konfigurasi dari panel surya yang sangat reflektif, stasiun ruang angkasa sekarang, sejauh ini, obyek terang buatan manusia saat ini di orbit sekitar Bumi. Pada saat menguntungkan, ISS dapat muncul seterang planet Venus, pada magnitudo -4.5, dan beberapa 16 kali lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit malam. Beberapa telah membuat perkiraan seterang magnitudo -5 -6 atau untuk stasiun (jumlah yang lebih kecil mewakili benda terang pada skala astronom). Dan sebagai bonus, sinar matahari berkilauan langsung dari panel surya kadang-kadang bisa membuat ISS tampak "flare" dalam kecemerlangan untuk seterang magnitudo -8, lebih dari 16 kali lebih terang dari Venus!

Hal-hal lain untuk melihat

Seiring dengan ISS, Anda juga dapat mencari pesawat ruang angkasa pada misi tersebut ketika seseorang mendekati atau berangkat dari stasiun ruang angkasa. Juga terlihat dengan mata telanjang adalah Teleskop Antariksa Hubble baru diperbaharui.

Kapan dan di mana mencarinya

Jadi, di mana Anda dapat melihat jadwal melintasnya ISS di daerah Anda? Anda dapat dengan mudah mengetahui dengan mengunjungi salah satu dari 4 situs web populer: Chris Peat's Heavens Above, Science@NASA's J-Pass, NASA's SkyWatch, Spaceweather.com. Situs web tersebut akan meminta kode pos atau kota, dan menanggapi dengan daftar yang disarankan. Prediksi dihitung beberapa hari ke depan dari jadwal, biasanya akurat dalam beberapa menit. Namun, mereka dapat berubah karena peluruhan lambat dari orbit stasiun ruang angkasa dan reboosts periodik ke ketinggian yang lebih tinggi. Selalu cek untuk update. Situs lain yang besar adalah yang satu ini: http://www.n2yo.com/?s=25544 Yang menyediakan real-time pelacakan satelit dan menunjukkan Anda pada suatu waktu tertentu di siang hari atau malam. [riza]
Cara Mengetahui ISS di Langit Rumah Anda Cara Mengetahui ISS di Langit Rumah Anda Reviewed by Kontributor on 2/11/2013 03:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.