Bumi Sempat Diserang Badai Matahari

Info Astronomy — Mengapa gambar ilustrasi di atas adalah Aurora sedangkan judulnya 'Bumi Sempat Diserang Badai Matahari'? Ya, dampak 'serangan' yang paling besar adalah terjadinya Aurora di kedua kutub Bumi. [Baca: Bagaimana Aurora Terbentuk]

Seperti diulas oleh Indian country today media network (10/02), selama bertahun-tahun aktivitas matahari terus meningkat dan pada tanggal 09 Februari kemarin, bintang pijar raksasa satu ini meletus yang memicu terjadinya Coronal Mass Ejection (CME).

Dari pemicuan CME ini, banyak partikel plasma terbang terlontar dan mengarah langsung bumi. Untung saja, menurut NASA, CME dan tembakan partikel plasma ini tergolong 'jinak' dan tidak menimbulkan sesuatu yang berbahaya bagi makhluk hidup atau perangkat elektronik di bumi.

Apa itu CME? CME merupakan pelontaran massa korona dalam waktu tertentu dan meningkatkan intensitas angin surya. Ketika CME menghantam magnetosfer Bumi, ia secara sementara mengubah bentuk medan magnet Bumi, mengubah arah jarum kompas, dan menginduksi arus ground listrik yang besar di Bumi itu sendiri; yang disebut badai geomagnetik dan merupakan fenomena global. Hantaman CME dapat menginduksi rekoneksi magnetik dalam ekor magnet Bumi (sisi tengah malam magnetosfer); ia melontarkan proton dan elektron turun ke atmosfer Bumi, dan membentuk aurora. [riza]