Bumi Merupakan Planet yang Spesial



Info Astronomy — Ya. Bumi adalah planet yang indah, kita semua mengetahui hal tersebut bukan? Bumi memiliki air yang dapat menopang kita dan membuat kita tetap hidup, lempengan tektonik yang membentuk pegunungan-pegunungan, dan tentu saja atmosfir yang melindungi kita dari bahayanya sinar radiasi matahari.

“Bumi adalah salah satu planet yang paling kita kenal dalam kehidupan kita,” ujar Alan Boss, seorang pakar tata letak formasi planet di Carnegie Institution of Washington di Washington, D.C, Amerika Serikat. Berikut ini beberapa aspek penting yang membuat planet Bumi yang kita tinggali sekarang ini sebagai planet yang unik dan spesial.

Sebuah dunia yang dipenuhi air

“Salah satu atribut yang paling mengesankan dari planet Bumi adalah adanya cairan berbentuk air dengan jumlah yang banyak di permukannya.” Tukas Geoffrey Marcy, seorang pakar di bidang astronomi di University of California, Berkeley yang telah membantu pengembangan ilmu astronomi dengan menemukan lusinan planet di luar tata surya kita.

Hingga saat ini tidak satupun orang yang mengetahui mengapa Bumi memiliki air dengan jumlah yang sangat banyak sekali. Bumi merupakan planet yang sangat luar biasa, yang memiliki presisi tepat dengan jumlah air yang ada di dalamnya, yakni tidak terlalu banyak untuk menutupi pegunungan, dan tidak terlalu sedikit layaknya gurun yang kekeringan.

Bumi memiliki sebuah bulan yang bersahabat

Kehidupan di Bumi juga tidak terlepas dari peran penting “teman sejatinya”, yakni Bulan. Bulan memantapkan rotasi planet kita, mencegah pergerakan yang tiba-tiba dari kutub Bumi yang dapat mengakibatkan perubahan iklim besar-besaran yang dapat menimbulkan kerusakan besar pada kehidupan manusia. Bulan juga memilki peran penting dalam mempengaruhi keadaan pasang atau surutnya lautan.

Planet yang unik dan jarang ditemui

“Anda mungkin telah banyak mendengar tentang planet Mars yang diberitakan memiliki beberapa kemiripan dengan Bumi, namun apabila Anda dibawa ke planet Mars, Anda pasti tidak akan merasakan kebahagiaan sama sekali di sana,” ujar Don Browler, seorang pakar astronomi dari University of Washington, yang juga pengarang buku “Rare Earth” (Springer,2003). “Sejauh ini, kami belum mendapati planet di luar sistem tata surya yang benar-benar mirip hampir 100 persen seperti Bumi,” tambahnya.

Planet Venus, yang memiliki berat hampir sama dengan Bumi, juga tidak dapat dikatakan sama seperti planet Bumi, karena di sana tidak ada lautan, pegunungan, dan planet itu mungkin bukan planet yang Anda inginkan untuk tinggal berlama-lama.

Nah, itulah beberapa ulasan yang membuat planet Bumi yang kita tempati sekarang ini sebagai planet yang spesial. Tentunya juga tidak lupa satu hal yang membuat planet Bumi spesial, yakni keindahannya dan kita sebagai manusia yang tinggal di dalamnya yang membuat planet Bumi semakin special. [Live Science]
Bumi Merupakan Planet yang Spesial Bumi Merupakan Planet yang Spesial Reviewed by Kontributor on 2/23/2013 01:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.