Bintang Ini Hanya Bisa Diamati Pada Siang Hari

Info Astronomy — Sepertinya banyak yang beranggapan jika bintang hanya dapat diamati pada malam hari, alasannya, tentu saja karena langit yang gelap. Siapa bilang?

Bintang adalah bola gas yang membakar hidrogen menjadi helium sehingga ia dapat bersinar. Begitu juga Matahari, pusat tata surya ini adalah sebuah bintang yang besar namun kecil pada kelasnya. Matahari adalah bintang berwarna putih kekuningan. Terletak 1 UA (Unit Astronomi) atau sekitar 150.000.000 km jauhnya dari Bumi.

Karena jaraknya yang paling dekat dengan Bumi dibandingkan semua bintang di alam semesta, sinarnya hanya membutuhkan waktu 8 menit untuk menyinari sebagian belahan Bumi.

Bintang terdekat kedua cahayanya membutuhkan waktu 4,2 tahun untuk dapat sampai ke Bumi.

Karena jaraknya dekat juga, hanya Matahari lah bintang paling cemerlang di langit siang. Dan Sirius lah bintang paling cemerlang di langit malam. Cahaya Matahari mengalahkan cahaya bintang-bintang lainnya.

Karena disinari Matahari, langit Bumi menjadi warna biru karena hamburan warna di atmosfer. Dan langit biru ini hanya ada di Bumi. Sejatinya, Bumi selalu malam hari, karena Bumi bergerak pada porosnya (rotasi) sebagian Bumi lebih terang karena berada di dekat bintang yang bernama Matahari. [riza]