Bintang Fomalhaut dan Planet 'Zombie'-nya


Info Astronomy — Fomalhaut (α PsA / α Piscis Austrini / Alpha Piscis Austrini) adalah bintang paling terang di rasi Piscis Austrinus. Namanya berasal dari kata Arab فم الحوت fum al-ḥawt yang berarti “mulut paus”. Dia adalah bintang deret utama dengan kelas spektrum A berjarak sekitar 25 tahun cahaya (7.7 parsecs ) dari Bumi.

Sistem

Fomalhaut dikelilingi oleh piringan debu berbentuk toroida dengan tepian bagian dalam yang tajam pada jarak 133 AU, dan memiliki sudut kemiringan 24 derajat terhadap garis pandang. Debu-debu tesebar dalam sebuah sabuk dengan lebar 25 AU.

Pada 13 November 2008, para astronom mengumumkan penemuan planet luar surya yang mengorbit sedikit di bagian dalam cincin. Ini adalah planet luar surya pertama yang dapat dilihat secara visual, dalam panjang gelombang tampak, menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Planet tersebut dinamai Fomalhaut b, diperkirakan memiliki massa setidaknya sama dengan massa Neptunus hingga tidak lebih dari tiga kali massa Jupiter.

Planet yang terletak 25 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Piscis Austrinus ini disebut planet "zombie" karena pernah mati dan kemudian bangkit dalam pengetahuan. Planet ini kali pertama terdeteksi lewat citra Hubble pada tahun 2004 dan 2006. Tahun 2010, adanya planet ini tak berhasil dibuktikan. Akhirnya, planet ini dinyatakan "mati".

Namun, observasi pada tahun 2012 membuktikan adanya benda yang bergerak mengelilingi bintang Fomalhaut. Astronom kemudian mengonfirmasi bahwa adanya planet yang kemudian dinamai Fomalhaut b. Jadilah, planet ini bangkit kembali dalam dunia pengetahuan.

Fomalhaut b unik karena orbitnya yang lebar dan periode revolusinya yang luar biasa lamanya, 2.000 tahun. Fomalhaut b mengorbit secara tidak lazim. Menurut astronom, hal ini bisa dipengaruhi oleh adanya planet lain yang kini belum diketahui. Keberadaan planet itulah yang mungkin melemparkan Fomalhaut b ke orbitnya sekarang.

Observasi menunjukkan, kabut debu di sekitar bintang Fomalhaut merentang 22,5-32,1 miliar km keluar. Fomalhaut b mengorbit bintangnya dengan menembus kabut itu. Jarak terdekat Fomalhaut b dengan bintangnya 4,6 miliar km, sementara yang terjauh 27 miliar km. [riza]
Bintang Fomalhaut dan Planet 'Zombie'-nya Bintang Fomalhaut dan Planet 'Zombie'-nya Reviewed by Kontributor on 2/12/2013 05:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.