Api dan 'Hujan' di Matahari Terekam Kamera



Info Astronomy — Rekaman ini diperoleh dengan instrumen AIA di Solar Dynamics Observatory pada tanggal 19 Juli 2012. Menyediakan tampilan yang menakjubkan dari aktifitas matahari dan menunjukkan bagaimana peristiwa yang sangat berbeda di Matahari dapat terjadi.

Beberapa berlangsung hanya dengan angin surya, beberapa dengan ejeksi tambahan bahan surya yang disebut coronal mass ejection (CME), dan beberapa dengan struktur yang bergerak kompleks berkaitan dengan perubahan dalam garis-garis medan magnet yang meluap sampai ke atmosfer Matahari, korona.

Angin surya yang cukup kuat meledak di tungkai kanan bawah matahari, mengirimkan cahaya dan radiasi. Berikutnya datang CME, yang melesat ke keluar tepat ke ruang angkasa. Dan kemudian, Matahari menunjukan kepada penonton salah satu penampilan yang memesona dari magnetik - sebuah fenomena yang dikenal sebagai hujan koronal.

Selama hari berikutnya, plasma panas di korona didinginkan dan terkondensasi di sepanjang medan magnet yang kuat di wilayah tersebut. Medan magnet, sendiri, tidak terlihat, tetapi plasma dibebankan yang dipaksa untuk bergerak sepanjang jalur, muncul terang dalam panjang gelombang ultraviolet ekstrim dari 304 Angstrom, yang menyoroti materi pada suhu sekitar 50.000 Kelvin. Plasma ini bertindak sebagai pelacak, membantu ilmuwan yang mengamati tarian medan magnet di Matahari, menguraikan bidang seperti secara perlahan jatuh kembali ke permukaan matahari.

SDO mengumpulkan satu bingkai setiap 12 detik, dan film drama pada 30 bingkai per detik, sehingga setiap detik dalam video ini sesuai dengan 6 menit dari waktu sebenarnya. Video mencakup 00:30 WIB sampai 10:00 EDT pada tanggal 19 Juli 2012. Lihat videonya di sini. [UT, riza]
Api dan 'Hujan' di Matahari Terekam Kamera Api dan 'Hujan' di Matahari Terekam Kamera Reviewed by Kontributor on 2/21/2013 01:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.