Alam Semesta Begitu Ramai Sekaligus Hening

Info Astronomy — Alam semesta adalah tempat yang ramai. Itulah kata yang cocok. Selalu ada benda angkasa yang memasuki atmosfer sepanjang waktu. Entah itu meteor, angin matahari, hingga sampah luar angkasa.

Sangat menarik ketika Anda berada di stasiun ruang angkasa dan Anda melihat meteor, meteorit, memasuki atmosfer. Ledakan meteor Rusia di atas kota Chelyabinsk Rusia, Jumat 15 Februari 2013 melukai lebih dari 1.000 orang, yang sebagian besar di sebabkan oleh kaca jendela yang hancur.

"Meteor di Rusia adalah sebuah batu besar," kata Kelly, seorang mantan astronot. Memang, para ilmuwan NASA memperkirakan batu luar angkasa itu memiliki diameter sekitar 55 kaki (17 meter) dan membuat setara ledakan dengan 500 kiloton energi.

Gelombang kejut dari ledakan mengirimkan gelombang subsonik melalui atmosfer di belahan dunia, berdasarkan sensor di Greenland, Afrika, Rusia, Kamchatka, Peninsula dan daerah yang berjauhan lainnya yang mendeteksi ledakan infrasonik (frekuensi rendah gelombang suara) meteor Rusia.

Namun tentunya tidak hanya meteor, di alam semesta begitu banyak 'kegiatan'. Mulai dari ledakan bintang (supernova), masuknya objek luar angkasa ke lubang hitam, asteroid yang selalu melintas, hingga galaksi yang bertrabakan.

Sebesar apapun peristiwa di alam semesta, tetap saja tidak bersuara atau hening. Hal ini dikarenakan alam semesta hampa udara. Suara merambat melalui udara.

Walau pun Anda berada 5 meter di dekat bintang meledak, Anda tidak akan mendengar ledakannya. Tapi itu tidak mungkin, Anda akan mati oleh gelombang kejut bintang yang meledak atau supernova. [riza]