Sebelum Curiosity, Ada Opportunity Si Penjelajah Planet Mars

Info Astronomy — Robot NASA Opportunity diproyeksikan untuk tetap meneliti Mars hingga beberapa waktu ke depan. Sejak mendaratnya di 24 Januari 2004, Opportunity telah menyambangi area di Mars dan menempuh perjalanan sejauh 22,03 mil (35,46 kilometer).

Dilansir Marsdaily, Rabu (23/1/2013), Mars Exploration Rover Opportunity NASA, salah satu dari rover kembar yang mendarat dengan aman menggunakan bantalan udara di Mars sembilan tahun silam. Kini, robot ciptaan badan antariksa Amerika Serikat itu tengah meneliti batu di pinggiran kawah Mars kuno.

Sejak tiba di Meridiani Planum di awal 2004, robot opportunity telah menempuh perjalanan darat di permukaan Mars sejauh 35,46 kilometer. Mulanya, tugas yang diemban robot ini direncanakan bekerja selama tiga bulan dan menempuh perjalanan sekira 2.000 kaki (600 meter).

Opportunity juga dibekali dengan peralatan penelitian untuk menginvestigasi apakah lingkungan Mars pernah mengandung air. Selama tiga bulan pertama, robot NASA ini mengirimkan bukti bahwa area planet merah ini dahulu pernah terendam air dan air tersebut mengalir di permukaan.

Sejak saat itu, tim dari NASA Jet Propulsion Laboratory mengendalikan Opportunity untuk menyeberangi dataran Meridiani untuk mengakses material alami di Mars. Opportunity telah beroperasi di Mars 36 kali lipat lebih lama ketimbang yang telah direncanakan oleh NASA.

"Apa yang paling penting ialah bukan berapa lama Opportunity berada di Mars, tetapi berapa banyak eksplorasi dan penemuan ilmuah yang telah dicapai," ujar John Callas dari Mars Exploration Rover Project NASA. Selain Opportunity, robot kembar lainnya bernama Spirit telah berhenti beroperasi di Mars pada 2010, dan satu lagi bermama Curiosity masih beroperasi di Mars hingga 2 tahun kedepan sejak pendaratannya 6 Agustus 2012.

Bulan ini, Opportunity menggunakan kamera pada tiang dan peralatan lengan robot untuk meneliti tepian Kawah Endeavour. Kawah tersebut berdiameter 14 mil (22 kilometer). [yu]