Robot RASSOR, Berkemampuan Hasilkan Air di Bulan dan Mars


Info Astronomy — Salah satu tantangan terbesar dari perjalanan ruang angkasa adalah sangat sedikitnya kegiatan yang dilakukan. Banyaknya kegiatan di ruang angkasa, biasanya bertujuan untuk menemukan hasil dari suatu penelitian maupun melakukan penelitian yang bermanfaat untuk masa depan.

Banyak pertanyaan tentang bagaimana manusia akan mempertahankan diri jika mereka dikirim ke Bulan. Makanan dan air merupakan faktor utama bagi manusia guna mempertahankan diri. Jadi, jika perjalanan ruang angkasa berawak akan menjadi sebuah kenyataan jangka panjang, maka kita harus menemukan cara untuk mengolah tempat dan planet yang kita kunjungi.

Dilansir dari Mashable, Rabu (30/1/2013), NASA memiliki ide inovatif melalui sebuah robot, digunakan untuk menambang tanah di planet yang dikunjungi guna mendapatkan nutrisi, menemukan air, serta menghasilkan udara yang akan membuat segalanya menjadi mungkin.

Nah, Regolith Advanced Surface Systems Operations Robot (RASSOR), robot yang dapat diucapkan sebagai "pisau cukur" ini adalah perangkat ekskavator yang dirancang untuk mengekstrak air, es, dan bahan bakar dari tanah milik Bulan dan Mars.

RASSOR yang saat ini sedang dalam pengembangan bentuk prototipe, tidak hanya akan melakukan tugas mendapatkan air dari batu, akan tetapi, alat itu juga akan mengambil debu yang tersisa lalu mengubah bahan kimia yang dikandungnya menjadi dua hal penting bagi astronot yaitu, udara untuk bernapas, dan bahan bakar untuk bergerak.

Pada satu sisi, robot tersebut harus cukup ringan untuk feasibly terbang roket, sedangkan di sisi lain, mesin harus memiliki cukup berat untuk beroperasi dalam gravitasi lebih rendah dari yang ditawarkan oleh Bumi. Alat ini juga secara umum harus memiliki kekuatan untuk menggali ke dalam tanah tanpa terbalik, dan untuk menjelajah daerah Bulan dan Mars sebagai multi-purpose mesin. [amr]
Robot RASSOR, Berkemampuan Hasilkan Air di Bulan dan Mars Robot RASSOR, Berkemampuan Hasilkan Air di Bulan dan Mars Reviewed by Kontributor on 1/30/2013 05:50:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.