Planet Ini Menyemburkan Gas

Info Astronomy — Para ilmuan baru-baru ini berhasil merekam gambar menakjubkan dari alam semesta. Dalam penelitiannya mereka menggunakan alat teleskop yang bernama ALMA (Atacama Large Millimeter/Submillimeter Aray).

Dilansir dari Softpedia, Sabtu, (5/1/2013), gambar spektakuler terbaru yang ditangkap ALMA adalah berupa semburan gas raksasa dari sebuah planet di sekitar bintang muda, dan ini merupakan gambar pertama yang berhasil ditemukan.

Tim menggunakan ALMA untuk melihat gas dan debu kosmik di sekitar bintang, membantu untuk memilih rincian halus dari apa yang bisa dilihat dengan teleskop sebelumnya. Pengamatan ALMA ini membantu melihat melalui silau dari bintang yang mempengaruhi teleskop inframerah.

Adapun teori yang ada memprediksi bahwa planet yang akan terbentuk di sekitar bintang ini, akan menciptakan aliran gas dan debu saat mereka menarik materi serta awan di sekitarnya.

Selama proses ini, bintang juga terus tumbuh lebih besar. "Ini telah menjadi sedikit misteri, tetapi sekarang kami telah menemukan sebuah proses yang memungkinkan bintang untuk terus tumbuh meski butuh waktu lama," ujar Simon Casassus, dari University of Chile dan the Millennium Nucleus for Protoplanetary Disks, yang memimpin tim penelitian internasional.

Menurutnya, fokus alat ini adalah menemukan planet jenis tertentu yang setara dengan bumi, dan mencari lebih banyak planet lebih dari sekedar perkiraan massa dan orbit.

Meskipun belum sempurna, lanjut Simon, alat ini telah menghasilkan gambar-gambar menakjubkan dari alam semesta bahkan menyediakan data-data berharga dari fenomena yang belum pernah ada sebelumnya.

Wikipedia menyebutkan bahwa alat tersebut adalah radio telsekop yang berada di gurun Atacama Chile utara, alat yang terdiri dari 66 antena berpresisi tinggi beroperasi pada panjang gelombang 0,3-9,6 mm. [okezone]