Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Penjelasan Matahari Terbit Dari Barat

Penjelasan Matahari Terbit Dari Barat

Info Astronomy — Bumi adalah sebuah benda langit yang 'tergantung' di awang-awang. Tidak ada yang mengikat Bumi kecuali hanyalah gaya-gaya gravitasi yang tidak kelihatan antar benda langit. Karena itu, ketika Bumi bertabrakan dengan benda langit lainnya, maka Bumi akan bergoyang-goyang.

Semakin hebat tabrakan yang terjadi, semakin goyang Bumi dibuatnya. Dan jika terlalu besar, maka Bumi bisa terjungkir balik karenanya. Malahan bisa terlontar dari garis edar atau orbitnya.

Selain itu, masuknya batu-batu komet ke dalam perut Bumi bisa menyebabkan gangguan arus magma yang berdampak pada kacaunya sistem kemagnetan Bumi. Hal ini, pada gilirannya, bisa menyebabkan Bumi terjungkir balik: kutub utaranya terjungkir menjadi kutub selatan, dan sebaliknya.

Maka, jika sekarang ini Bumi berputar dari Barat ke Timur (sehingga Matahari terlihat terbit dari arah Timur), maka ketika Bumi terjungkir, perputaran rotasi Bumi menjadi berlawanan arah, dari Timur ke Barat. Sehingga, Matahari terlihat terbit dari Barat. [TATK, riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.