Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Mengenal Gugus Kupu-kupu

Mengenal Gugus Kupu-kupu

Info Astronomy — Gugus Kupu-kupu (Butterfly Cluster, dikatalogkan sebagai Messier 6 atau M6, dan NGC 6405) adalah sebuah gugus terbuka yang terletak di rasi bintang Scorpius. Nama gugus ini diambil dari bentuknya yang mirip samar-samar mirip dengan kupu-kupu.

Astronom pertama yang mengamati dan mencatat keberadaan Gugus Kupu-kupu adalah Giovanni Battista Hodierna pada tahun 1654. Tetapi Robert Burnham, Jr mengusulkan bahwa astronom abad pertama, Ptolemy mungkin melihat gugus ini dengan mata telanjang ketika mengamati Gugus Ptolemy (M7) yang terletak sangat dekat. Charles Messier mengkatalogkan gugus ini sebagai M6 pada tahun 1764. Pengukuran terhadap jumlah bintang, jarak dan sifat-sifat lain baru dilakukan pada abad ke-20.

Karakteristik

Sebagian besar bintang terang di gugus ini adalah bintang biru panas dengan tipe spektrum B, tetapi BM Scorpii yang merupakan anggota paling terang termasuk dalam bintang raksasa oranye tipe K, dan sangat kontras dengan tetangganya yang berwarna biru.

BM Scorpii dikelompokkan sebagai bintang variabel semiregular, kecerahannya bervariasi dari magnitudo semu +5.5 hingga +7.0.

Perkiraan jarak Gugus Kupu-kupu berubah-ubah untuk tiap pengamatan, dengan nilai rata-rata sekitar 1.600 tahun cahaya, sehingga dimensi spatial dari gugus ini sekitar 12 tahun cahaya. Pengukuran modern menunjukkan kecerlangan total gugus ini sebesar magnitudo 4,2. [wikipedia]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.