Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Kiamat Bumi dan Kiamat Alam Semesta

Kiamat Bumi dan Kiamat Alam Semesta

Info Astronomy — Kapankah Bumi akan mengalami kehancurannya? Diperkirakan masih sekitar beberapa ribu tahun lagi, akibat bertabrakan dengan batuan angkasa yang besar ukurannya. Bumi akan masuk ke suatu wilayah penuh batu angkasa, di luar sistem tata surya kita.

Dan kapankah terjadinya kiamat alam semesta? Diperkirakan sekitar 18 miliar tahun lagi. Yaitu sesudah terjadinya periode akhirat. Kira-kira ringkasan penciptaan alam semesta dari segi waktu adalah sebagai berikut:

1. Sekitar 13 miliar tahun lalu alam semesta tercipta lewat sebuah ledakan besar (Big Bang).

2. Kemudian, 5 miliar tahun lalu terbentuklah tata surya kita. Termasuk penciptaan Bumi.

3. Lantas, 3,5 miliar tahun lalu makhluk bersel satu di perairan tercipta. Sekitar 1 miliar tahun lalu mulailah ada kehidupan di daratan. Dan, sekitar 550 juta tahun lalu terciptalah beberbagai jenis tanaman dan binatang yang kompleks struktur tubuhnya.

4. Barulah puluhan ribu tahun lalu Sang Pencipta menciptakan manusia untuk pertama kalinya.

5. Sampai saat ini hingga sekitar beberapa ribu tahun lagi Bumi akan mengalami kiamat. Bumi bakal hancur, dan kehidupan akan punah. Mirip kejadian punahnya Dinosaurus.

6. Bumi akan mengalami perbaikan lingkungannya kembali selama 3 miliar tahun. Maka, ketika kondisi sudah ideal, manusia akan dibangkitkan kembali dari dalam kuburnya. Dimulailah periode akhirat.

7. Manusia akan dihidupkan selama sekitar 15 miliar tahun di akhirat, sampai kemudian semuanya lenyap, kembali kepada Sang Pencipta.

Jadi, alam semesta dulu berada di satu titik, pusat alam semesta. Ketika terjadi Big Bang itu, seluruh isi alam semesta terlontar ke segala penjuru langit, sampai sekarang.

Diperkirakan perkembangan itu akan terus berlangsung hingga 3 miliar tahun kedepan. Apa yang terjadi setelah itu? Alam akan berbalik menciut ke satu titik, di pusat alam semesta, kembali ke asalnya. [TKTK, riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.