Generasi Satelit TDRS Terbaru Telah Diluncurkan ke Orbit

Info Astronomy — NASA Tracking and Data Relay Satellite System (TDRS) akan diperbarui dari yang pertama pada generasi baru satelit komunikasi di orbit yang diluncurkan pada Rabu 30 Januari pada pukul 20:48 EST (Kamis 31 Januari pada pukul 07.48 WIB) dari Cape Canaveral. Lihat video peluncuran di bawah.

Sistem TDRS menyediakan link komunikasi penting ke bumi untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional, Teleskop Luar Angkasa Hubble dan satelit lainnya.

TDRS-K diluncurkan dengan roket United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex-41. Setelah tahap uji coba tiga bulan, NASA akan menerima wahana ruang angkasa untuk evaluasi tambahan sebelum menempatkan satelit ke dalam layanan.

Wahana ruang angkasa TDRS-K meliputi beberapa modifikasi dari satelit tua dalam sistem TDRS, termasuk elektronik telekomunikasi didesain ulang muatan dan panel surya yang memiliki kinerja tinggi yang dirancang untuk daya wahana lebih banyak untuk memenuhi pertumbuhan persayaratan S-band. Lain perubahan desain yang signifikan, kembali ke tanah berbasis pengolahan data, akan memungkinkan sistem untuk melayani lebih banyak pelanggan dengan kebutuhan komunikasi yang terus berkembang.

Wahana ruang angkasa TDRS berikutnya, TDRS-L, dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2014. Proses manufaktur TDRS-M akan selesai pada tahun 2015. [UT, riza]