Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bulan Purnama Pertama di 2013 Menampakan Dirinya Malam Ini

Bulan Purnama Pertama di 2013 Menampakan Dirinya Malam Ini


Info Astronomy — Bulan purnama adalah salah satu fase bulan di mana bulan terletak di belakang bumi ditinjau dari matahari. Karena satu siklus bulan lamanya 29.5 hari, maka bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15 dalam kalender lunar (kalender Hijriah).

Bulan Purnama atau Full Moon pertama di tahun 2013 ini jatuh pada 27 Januari, malam ini. Bulan akan berada pada jarak sekitar 394.893 kilometer, akan terbit dari ufuk timur mulai pukul 18.20 WIB (1120 GMT) dan tepat berada di atas kepala langit Indonesia pada pukul 00.20 WIB (1820 GMT) lalu besoknya 28 Januari 2013 ia akan tenggelam di barat pada pukul 06.20 WIB (2320 GMT).

Saat Bulan Purnama tepat berada di langit atas kepala, jika langit cerah, akan ada penampakan cincin pelangi di sekitar Bulan yang disebut Halo. Tidak hanya itu, jika langit cerah dan tidak ada polusi cahaya maupun udara, Anda dapat mengamati pita-pita debu putih galaksi Bima Sakti yang membentang dari langit tenggara ke barat laut pada saat Bulan Purnama di langit atas kepala.

Planet Jupiter tidak ketinggalan, ia akan nampak bagai bintang putih cemerlang di arah barat Bulan.

Ikuti kami di Twitter @infoAstronomy untuk mengikuti live tweet mulai pukul 20.00 WIB malam ini. [riza]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.