Bulan dan Jupiter Masih 'Berduaan' Malam Ini


Info Astronomy — Kemarin malam kita telah mengamati pemandangan indah di langit: Bulan dan Jupiter berdekatan. Dan malam ini, mereka masih belum memutuskan untuk berjauhan, mereka akan 'berduaan' sepanjang malam.

Bulan yang memasuki fase Bulan Bungkuk (60%) berada pada jarak sekitar 400.300 kilometer dari Bumi malam ini, sedangkan Jupiter berjarak sekitar 666 juta kilometer dari Bumi. Artinya, Jupiter akan nampak sebagai bintang putih kekuning-kuningan di langit malam ini.

Pastikan kondisi di langit daerah Anda bersih dari polusi maupun awan, karena jika tidak begitu kesempatan mengamati 2 benda ini akan kecil. Tapi jangan khawatir, Anda dapat menggunakan simulasi observasi dengan peta langit yang dapat Anda untuh di sini.

Seluruh wilayah Indonesia dapat mengamatinya malam ini dengan mata telanjang. Akan lebih indah jika dengan teleskop, karena dapat mengamati Jupiter beserta beberapa satelit alam besarnya dan titik merah raksasanya juga tidak ketinggalan. [riza]
Bulan dan Jupiter Masih 'Berduaan' Malam Ini Bulan dan Jupiter Masih 'Berduaan' Malam Ini Reviewed by Kontributor on 1/22/2013 06:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.