Astrofoto Luar Biasa: Helm Thor di Canis Major


Info Astronomy — Pada pandangan pertama, Anda mungkin mengharapkan ini gambar yang indah yang berasal dari sebuah observatorium berbasis darat yang besar atau bahkan salah satu teleskop ruang angkasa. Tapi gambar ini diambil oleh seorang astronom amatir Rolf Wahl Olsen.

Kami telah menampilkan karyanya sebelumnya, dan dia melakukan hal-hal menakjubkan - seperti gambar amatir pertama dari tata surya lain - tapi bahkan ia mengatakan ini gambar terbaru dari nebula emisi yang citranya terbaik.

Ini adalah tampilan yang menakjubkan pada apa yang dikenal sebagai Helm Thor. Fitur helm berbentuk (lengkap dengan sayap!) Adalah sebuah nebula emisi terletak di konstelasi Canis Major, sekitar 15.000 tahun cahaya dari Bumi. Nebula adalah gelembung yang luas dan besar diterangi oleh bintang utama dalam tahap terakhir hidupnya - sebuah bintang Wolf-Rayet besar yang menumpahkan lapisan gas luarnya pada tingkat yang sangat tinggi akibat tekanan radiasi yang intens.

Bintang Wolf-Rayet diperkirakan untuk mewakili tahap evolusi singkat menjelang akhir hidup bintang-bintang maharaksasa; fase stabil terakhir sebelum bintang meledak sebagai supernova brilian. [UT]
Astrofoto Luar Biasa: Helm Thor di Canis Major Astrofoto Luar Biasa: Helm Thor di Canis Major Reviewed by Kontributor on 1/26/2013 02:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.