Akan Ada Bulan dan Planet Jupiter yang Cemerlang Malam Ini


Info Astronomy — Peneliti mengumumkan bahwa terdapat dua objek paling bercahaya di langit malam pada hari ini, Senin (21/1/2013). Objek paling bercahaya ini ialah Bulan dan Jupiter, yang bila cuaca mendukung, maka objek tersebut akan tampak lebih terang dari hari biasanya.

Pada malam ini, selain munculnya Bulan dengan 78 persen lebih terang, terdapat juga penampakan Jupiter yang nampak sebagai bintang paling cemerlang di sebelah Bulan. Namun, tidak seperti bintang yang cahayanya tampak berkerlap-kerlip, planet terbesar di sistem Tata Surya ini akan dapat terlihat bercahaya di langit malam tanpa berkerlap-kerlip.

Dilansir Space.com, Senin (21/1/2013), Bulan akan tampak lebih bersinar dan berdekatan dengan objek "bintang" yang terang. Cahaya keperakan yang ada pada "bintang" tersebut merupakan planet terbesar di sistem Tata Surya, Jupiter.

Fenomena ini dapat dilihat dengan jelas apabila cuaca mendukung, tidak mendung dan kondisi langit yang cerah di seluruh Indonesia. 21 Januari 2013 merupakan titik terdekat Bulan dan Jupiter hingga dapat disaksikan kembali di 2026.

Pada titik ini, Bulan akan berjarak sekira 248.700 mil (400.500 kilometer) dari Bumi. Sementara Jupiter hampir sekira 1.664 kali lipat lebih jauh di luar angkasa pada jarak 413,8 juta mil (665,9 juta kilometer).

Kabarnya, Bulan bergerak di sekitar Bumi di arah Timur. Jupiter akan dapat terlihat tiga kali lipat lebih terang dari bintang paling bercahaya, Sirius.

Kami akan live tweet malam ini mulai pukul 19.00 WIB di Twitter @infoAstronomy [okezone, space]
Akan Ada Bulan dan Planet Jupiter yang Cemerlang Malam Ini Akan Ada Bulan dan Planet Jupiter yang Cemerlang Malam Ini Reviewed by Kontributor on 1/21/2013 03:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.