27 Tahun Lalu: Voyager 2 Mengunjungi Planet Uranus

Info Astronomy — Pada 27 tahun lalu tepatnya 24 Januari 1986, wahana satelit Voyager 2 NASA berhasil melintasi planet Uranus, planet terbesar ketiga di tata surya, dan sekaligus mengambil foto planet tersebut dari jarak yang relatif dekat sekitar 965.000 km (600.000 mil) dan hasilnya adalah foto planet Uranus di atas.

Meskipun Uranus terdiri dari sebagian besar Hidrogen dan Helium, namun metana di atmosfer paling atas planet tersebut menyerap sebagian besar gelombang cahaya merah Matahari sehingga menyebabkan planet Uranus nampak berwarna biru pucat.

Voyager 2 juga berhasil menemukan adanya medan magnet di sekitar Uranus dan 10 satelit alam baru yang dimiliki Uranus. Jadi total satelit Uranus mencapai 27 satelit dengan 5 satelit terbesarnya antara lain Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

Data yang dikumpulkan dari Voyager 2 didapat keterangan bahwa planet Uranus menyelesaikan satu kali rotasi dalam waktu 17 jam 14 menit dan saat tulisan ini dibuat, Voyager 2 telah menempuh jarak sekitar 15 miliar kilometer dari Bumi dan terus menjauh dengan kecepatan 3.3 AU per tahun (1 AU= jarak Matahari dan Bumi = 149.597.871 km) dan sinyal yang dikirim Voyager 2 baru akan sampai ke Bumi sekitar 14 jam 4 menit. [universetoday]